Servis Vespa Matic...

      Judulnya bengkel alternatif..? Ada apa dengan bengkel Vespa piaggio yang resmi ? senyum-senyum sendiri mungkin karena alasan anggaran yg terbatas..tapi okelah..apalah arti sebuah judul pepatah mengatakan demikian..
Vespa matic mau di servis ? pilih bengkel resmi atau alternatif ? pastinya kembali ke pilihan masing-masing..
Kilas balik..saya dulu suka banget lihat ada yang pake vespa matic ..beda sama motor matic yg laen...kereeen banget mungkin alasannya karena jarang juga yang pake..so "cool" .
    Dari mata turun ke hati..jalan-jalan ke dealer piaggio...makin ngiler..ituh vespa berjajar..manis, cantik, gagah, cakep-cakep pokok'nya.

 LX 150 3v...Turun Mesin    

       Sudah tidak terasa s'brown (LX 150 3v) sudah lebih dari 3 tahun di speedometer terlihat angka 35 ribu.
Muter otak gimana solusinya biar si brown makin siiip diajak jalan-jalan, ga geregel, shock sedikit lebih jinak, makin ngaciiir, smoooth.
Criiing..ide langsung muncul..ke"inget"an sama anak muda tetangga, Kang Omen yg hoby oprek motor trail, vespa klasik, motor jepang sampe sepeda juga di garap..he.he, .
Multi talent"lah..cocok buat penjaringan jadi tukang servis si brown.
"..mau di apain ini kang? katanya"..
"..turun'in mesin nya aja , ganti part2 yg aus..ganti oli gear, oli mesin, ganti filter udara dan filter oli mesin..semua,, biar enak-nyaman.." kata saya..
     Akhirnya lx 150 diservis total sama kang omeng dengan sigap, dari mulai depan sampai belakang, atas-bawah di bongkar, ganti batre jam digital yg nempel di speedometer, kabel rem, kabel gas, bersih-bersih cvt, ganti paking head, silinder, ganti seal termasuk seal gear yang sudah bocor.
Turun mesin pertamakali ini jadi kesempatan untuk cek semua bagian vespa LX..tentunya buang kerak-kerak di mesin didalam sam diluar.
        Kang omen yg beralamat di kp burujul sindangkasih, ngasih saran katanya kalo  LX 150 mau benar-benar enak di bawa, saran'nya variator, rumah kopling, per kecil dan per torsi harus ada yg diganti dan part lainnya harus dibubut..okeh saya bilang..laksanakan kang !
Skiiip...
Saat Motor udh beres servis giliran di test drive, penasaran hasilnya, jreeeng, Supriseeeeeee... motor jadi enteng banget..ga pake geregel sama deredet, ngaciiiir, tarikan awal ringan, tarikan atas muantafff teenaaan..!!!
3 jempol buat Kang omeng yang insya sebentar lagi jadi seorang bapak he.he..
Biaya servis'nya? relatif murah..bengkel alternatif yang maknyosss.
Katanya Kang omen ini juga siap kalo lagi kosong di bengkel, bisa servis motor di tempat konsumen alias montir panggilan...bukan cowok panggilan ya..he.he dan tentunya bukan hanya servis motor vespa matic saja.
Next time katanya kang omen...lx 150 kalau minat bisa di bore up....racuuuuuuun..kabuur akh..!!

Modif shock...

    Sekarang Tinggal shock breaker alias shock absorber nih..klo beli shock baru sih gampang asal ada uang..
Ngobrol sama saudara tanya mungkin ada solusi untuk modif shock..lalu munculah sebuah nama "pak wahyu' aseli panjalu yg buka servis shock di ciamis.
       Datang ke bengkelnya ngobrol-ngobrol ringan..sopan baik orangnya ga sombong..he.he
Katanya beliau menggeluti bidang shock motor dari tahun 1981, anak buahnya yang dulu pernah bekerja bareng, sekarang sudah banyak yg buka sendiri di daerah banjar, purwokerto, cirebon..
Lanjuut...
Shock di cek, di bongkar dan ganti per, bengkelnya sederhana begitu pula dengan peralatannya tidak ada mesin canggih digital he.he tapi pengalaman modif shock motor yang sudah digelutinya membuktikan hasilnya..
      shock setelah di pasang lagi..wooooow..enak nih, eittss jangan dibandingkan dengan shock bitubo sama merk ohlins ya, soalnya ini hanya modif alternatif..
Ongkos servis?..waaah  dont't worry broo..pokoknya ramah buat di kantong,

                     

Performa setelah servis... 

          Alhamdulillah Setelah si brown di pegang sama Kang omen terus shock digarap pak wahyu..
nyaman'nya pake vespa  s'brown bikin saya ingin share pengalaman.
Ya begitu lah akhir cerita si brown vespa lx 150 dengan budget hanya cukup buat servis di bengkel alternatif..tapi hasilnya...relatif memuaskan untuk kantong dengan budget yang pas-pasan.
O'iya lupa sebelum'nya s'brown bagian blok cvt, velg sama aksesories di cat sama kang asep..manteep lah hasilnya.
Pak Wahyu "shock" buka bengkel dari jam 9 pagi..sabtu-minggu kalau ga salah libur re-uni istirahat ngumpul bareng keluarga di panjalu he.he
Kang asep "cet" yg garap  velg, blok CVT, Knalpot, spion buka bengkel di jalan burujul sindangkasih ciamis ..
Untuk CP kang Omen bisa inbox saja atau Tlp/Sms di 0878-2696-8011
        Wassalam, mudah-mudahan bermanfaat blog sederhana'nya..

Comments

Post a Comment